Waspada 7 Tanda Kelebihan Protein, Yuk Cek Lagi Menu Diet Anda!

Waspada 7 Tanda Kelebihan Protein, Yuk Cek Lagi Menu Diet Anda!

Waspada 7 Tanda Kelebihan Protein, Yuk Cek Lagi Menu Diet Anda!

Suara.com – Meski termasuk salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar (makro nutrient), kelebihan protein bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Protein sendiri merupakan satu dari tiga makro nutrient bersama dengan lemak dan karbohidrat. Fungsinya mulai dari menghasilkan enzim dan hormon, memperbaiki sel, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Meski sangat diperlukan oleh tubuh, protein tak boleh dikonsumsi berlebihan. Sama halnya seperti konsumsi karbohidrat ataupun lemak berlebihan yang dapat menyebabkan obesitas, konsumsi protein berlebihan juga berdampak negarif pada kesehatan.

Konsumsi protein yang berlebihan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang menjalani diet tinggi protein, dengan tujuan mempertahankan dan meningkatkan massa otot.

Baca Juga:
Nutrisi Penting dan Manfaat Kuning Telur untuk Kucing, Ini Rahasia yang Wajib Diketahui Pemilik Anabul

Filansir dari Healthshots, dr. Bela Sharma dari Fortis Memorial Research Institute, memaparkan apa saja gejala kelebihan protein yang harus diwaspadai:

1. Dehidrasi

Mengkonsumsi terlalu banyak protein, terlebih jika Anda melakukannya dalam jangka waktu yang lama, pada akhirnya dapat menyebabkan dehidrasi. Ini terjadi karena ketika tubuh Anda mengonsumsi protein berlebih, ginjal Anda harus bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan protein dan limbah nitrogen dari tubuh melalui urin. Hal ini meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang pada akhirnya meningkatkan risiko dehidrasi.

2. Mengganggu fungsi hati

Mengonsumsi protein berlebih untuk jangka waktu yang lama dapat membebani hati Anda dan mengganggu fungsinya.

Baca Juga:
Harga Tempe Naik, Masyarakat Sementara Diminta Beralih ke Sumber Protein Lain

3. Berat badan bertambah

Scroll to Top