Studi Sebut Orang Yang Rutin Minum Kopi Bisa Panjang Umur, Segini Takaran yang Pas

Suara.com – Mengonsumsi kopi telah lama dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Kini sebuah penelitian terbaru, mengatakan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari bisa membantu hidup lebih lama alias panjang umur.

Sebuah penelitian selama satu dekade terhadap hampir 500.000 orang menemukan bahwa peminum minuman panas secara teratur memiliki kemungkinan 12 persen lebih kecil untuk meninggal, dibandingkan yang tidak minum.

Mereka juga memiliki kemungkinan seperlima lebih kecil untuk terkena penyakit kardiovaskular, atau menderita stroke, menurut hasil penelitian.

Namun, para ahli menemukan manfaat kesehatan hanya muncul dari mengonsumsi kopi bubuk, dan bukan bubuk instan.

Baca Juga:
Mahasiswa KKN Unhas Bikin Inovasi Pengering Biji Kopi, Menggunakan Bahan Bambu dan Batang Kopi

Ilustrasi kopi (Unsplash)
Ilustrasi kopi (Unsplash)

Melebihi tiga cangkir sehari tidak memiliki dampak positif tambahan. Tetapi di samping kafein, minuman populer ini memiliki mineral dan antioksidan yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker, diabetes tipe 2 dan demensia.

Namun yang lain menunjukkan minuman itu dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, atau kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Studi baru dilakukan oleh akademisi di Semmelweis University di Hungaria, dan Queen Mary University of London.

Dr Steffen Petersen, salah satu penulis dari Queen Mary’s, mengatakan hasil penelitian menunjukkan konsumsi kopi moderat “tidak berbahaya bagi kardiovaskular dan bahkan mungkin bermanfaat”.

Dia mengatakan kepada Daily Mail: “Sepengetahuan kami, ini adalah volume penelitian terbesar hingga saat ini yang berfokus pada efek kardiovaskular dari konsumsi kopi.”

Baca Juga:
Polisi Tangkap Pembunuh Pria yang Mayatnya Dikubur Terbungkus Karung di Kebun Kopi

Di antara peserta, 22 persen adalah peminum non-kopi, dan 58 persen minum hingga tiga cangkir sehari.
Yang lain minum setidaknya tiga cangkir, menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology.

Scroll to Top