Sifat Benda Gas, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Sifat Benda Gas, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Sifat Benda Gas, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Suara.com – Setiap benda yang ada di sekitar kita tentunya memiliki sifat dan ciri-ciri masing-masing yang terlihat untuk membedakan antara satu dan yang lain, secara umum jenis-jenis benda terbagi menjadi 3 jenis yakni benda gas, benda cair dan benda padat. Nah, bagaimana sifat benda gas itu?

Tentunya benda-benda tersebut adalah benda-benda yang sering kali kita temui dalam keseharian, namun mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadarinya. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang sifat benda gas, lengkap dengan ciri dan contohnya. Mari simak!

Pengertian Benda Gas

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang sifat benda gas, ciri dan contoh benda gas, terlebih dahulu kita akan membahas tentang pengertiannya.

Baca Juga:
Luar Biasa! Sifat Beda Gas yang Tak Biasa: Tarik Antar Partikel Lemah, Ada di Mana Saja

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benda adalah segala yang ada dalam alam yang berwujud atau berjasad (bukan roh); zat (misalnya air, minyak). Secara umumnya benda adalah suatu materi, zat, objek ataupun barang. Dalam kehidupan sehari-hari sudah barang tentu kita bertemu dengan benda-benda yang ada disekeliling kita.

Sedangkan benda gas adalah zat ringan yg sifatnya seperti udara (dalam suhu biasa tidak menjadi cair). Sementara pengertian gas dalam fisika adalah tingkat wujud zat yg molekul-molekulnya bergerak bebas sehingga seluruh massa cenderung mengembang dan menempati seluruh volume wadahnya.

Ciri-ciri dan Sifat Benda Gas

Mengutip dalam berbagai sumber, terdapat beberapa ciri yang dapat diindikasikan sebagai benda gas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri benda gas yang perlu anda ketahui:

Secara mudahnya benda gas memiliki ciri-ciri dan sifat benda gas:

Baca Juga:
Sifat Benda Padat: Ciri dan Perubahannya

  1. Benda gas mempunyai massa
  2. Volume benda gas tidak tetap
  3. Bentuk benda gas berubah-ubah
  4. Gaya tarik antar partikel benda gas sangat lemah
  5. Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  6. Sususan partikel benda gas tidak teratur
  7. Gerak antar partikel benda gas bebas
  8. Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  9. Benda gas menekan ke segala arah
  10. Benda gas terdapat di segala tempat

Perubahan Wujud Benda Gas

Scroll to Top