Sejarah Berlian Cullinan, Harta Karun Afrika yang Hiasi Tongkat hingga Mahkota Raja Inggris

Sejarah Berlian Cullinan, Harta Karun Afrika yang Hiasi Tongkat hingga Mahkota Raja Inggris

loading…

Raja Charles mengenakan mahkota dan tongkat berlapis berlian Cullinan yang ditemukan pada 1905. Foto/ getty

JAKARTA – Berlian Cullinan merupakan berlian terbesar di dunia dengan berat 3.100 karat. Batu berharga ini kemudian dipotong menjadi beberapa bagian. Salah satunya menghiasi mahkota Raja Inggris.

Potongan besar berlian disebut Cullinan I, yakni seberat 530,4 karat – dipasang ke Tongkat Kerajaan dengan Salib pada 1911 dan menjadi harga berharga hingga saat ini. Sementara, Cullinan II seberat 317,4 karat, yang sering disebut Bintang Kedua Afrika, berada di Mahkota Negara Kekaisaran.

Potongan-potongan kecil lainnya dari Cullinan juga ditampilkan dalam koleksi perhiasan kerajaan yang terjaga hingga saat ini.

Awalnya, Raja Edward VII meminta Joseph Asscher & Company dari Amsterdam untuk memotong Cullinan menjadi sebilan bagian utama, tetapi serpihannya tersisa 96 bagian dan menjadi aksesoris keluarga kerajaan.

Untuk Cullinan II yang disematkan di mahkota raja, dikenakan Raja Charles. Salah satunya saat Pembukaan Parlemen pada Juli lalu. Yang Mulia juga mengenakan mahkotanya setelah penobatan pada Mei tahun lalu, ketika dia meninggalkan Westminster Abbey untuk prosesi ke Istana Buckingham.

Cullinan II juga terlihat saat kematian Ratu Elizabeth II pada September 2022, di mana mahkota tersebut diletakkan dekat peti jenazah mendiang raja selama prosesi pemakamannya melalui jalan-jalan di London dari Abbey.

Sejarah Berlian Cullinan, Harta Karun Afrika yang Hiasi Tongkat hingga Mahkota Raja Inggris

Selain Cullinan I dan II, bagian lain dari batu tersebut juga digunakan untuk perhiasan kerajaan dan merupakan bagian dari koleksi pribadi mendiang Ratu Elizabeth.

Cullinan III dan IV disatukan untuk menciptakan bros yang memukau. Batu-batu tersebut diwariskan kepada Ratu dari Ratu Mary, neneknya, dan masing-masing memiliki berat 94,4 karat dan 63,6 karat.

Sepasang permata tersebut dipasang pada Mahkota Ratu Mary, yang dikenakan oleh Camilla selama Penobatan tahun lalu.

Bagian lain dari batu besar tersebut – Cullinan V 18,8 karat – digunakan oleh Ratu Mary pada bros besar lainnya.

Scroll to Top