Ragam Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh!

Ragam Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh!

Suara.com – Kentang sering dianggap sebagai salah satu sayuran yang tidak bergizi. Padahal, ada banyak manfaat kesehatan yang belum diketahui atau jarang disadari oleh banyak orang.

Ya, meski kentang goreng mengandung banyak lemak dan kalori, kentang sendiri sebenarnya bebas lemak, kolesterol, dan rendah sodium. Bila disiapkan dengan benar, kentang bisa menjadi hidangan yang lezat serta sehat.

Mengutip dari laman Webmd, berikut beberapa manfaat kesehatan dari kentang yang perlu Anda ketahui.

Ilustrasi Kentang Rebus (freepik)
Ilustrasi Kentang Rebus (freepik)

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat pada kentang yang disebut pati resisten, memiliki manfaat kesehatan untuk pencernaan. Serat larut dan pati resisten dalam kentang bertindak sebagai prebiotik, salah satunya adalah bakteri baik yang meningkatkan kesehatan usus, dan mengobati sembelit dan iritasi usus besar.

Baca Juga:
3 Resep Tumis Kacang Panjang, Sajian Sehat dan Sederhana Keluarga Indonesia

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker
Kentang dikemas dengan antioksidan, atau senyawa untuk melawan radikal bebas yang merusak sel. Hal ini membuat kentang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung hingga kanker.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilih kentang dengan kulit berwarna-warni seperti ungu. Karena semakin banyak warna, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya. Jadi, jangan takut untuk mengonsumsi kulit kentang ya!

3. Menurunkan Tekanan Darah
Kulit kentang yang dipanggang memiliki sumber potasium dan magnesium. Oleh karena itu, kentang disebut mampu menurunkan tekanan darah, di mana efeknya bisa melindungi dari penyakit jantung dan mengurangi risiko stroke.

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kentang yang memiliki kandungan vitamin C dan B6 bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut survei Harvard, kandungan B6 berperan penting dalam proses metilasi, yang antara lain dapat mengubah molekul homosistein yang berpotensi berbahaya menjadi metionin.

Terlalu banyak homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah Anda, dan itu dapat meningkatkan kadar darah dan berisiko mengalami penyakit jantung.

Baca Juga:
Punya Kandungan Nutrisi yang Sehat, Ini 5 Manfaat Kesehatan Buah Manggis

Scroll to Top