Perang dengan TNI-Polri, KKB Dituding Rusak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua

Perang dengan TNI-Polri, KKB Dituding Rusak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua

Perang dengan TNI-Polri, KKB Dituding Rusak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua

Suara.com – Kontak tembak antara satuan TNI dan Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di sekitar Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (3/6/2021) kemarin. Meski tidak ada korban, tetapi satu pesawat dilaporkan rusak pasca kelompok separatis tersebut melakukan pembakar di sekitar Bandara Aminggaru. 

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria mengabarkan kontak tembak terjadi sekitar pukul 17.50 WIT dan tidak ada kerugian personel baik dari pihak TNI maupun Polri. 

Namun berdasarkan hasil pantauan Satgas TNI, tampak ada kobaran api di sekitar Bandara Aminggaru akibat tindakan dari kelompok separatis. 

“Aksi pembakaran yang dilakukan oleh KST tersebut mengakibatkan beberapa bangunan di sekitar Bandara Aminggaru mengalami kerusakan termasuk satu unit pesawat rusak yang parkir di apron bandara,” kata Reza dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga:
KKB Bakar Tower Bandara Aminggaru Ilaga Papua, Penerbangan Terpaksa Ditutup

Keesokan harinya, aparat gabungan TNI/Polri bakal meninjau lokasi Bandara Aminggaru untuk mengecek dan memastikan kerusakan akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh kelompok separatis.

Reza menilai tindakan tersebut sangat tidak bertanggung jawab dan menyebabkan instabilitas di Kabupaten Puncak dan pada akhirnya mengganggu proses pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Kami doakan bersama semoga situasi di Kabupaten Puncak semakin kondusif sehingga pembangunan akan dapat dilaksanakan sesuai rencana.”

Scroll to Top