Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Alergi Salah Satunya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Alergi Salah Satunya

Suara.com – Pembengkakan kelopak mata adalah pembesaran salah satu atau kedua kelopak mata bawah dan atas, pada satu atau kedua mata. Ini karena penumpukan cairan atau peradangan di jaringan halus di sekitar mata. Lantas, apa penyebab kelopak mata bengkak?

Diketahui, kelopak mata bengkak disebabkan oleh penumpukan cairan atau ‘retensi’. Pembengkakan ini terjadi karena peradangan dapat terlokalisasi pada area kecil atau seluruh kelopak mata.

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Meskipun pembengkakan kelopak mata dapat disebabkan oleh kondisi yang relatif ringan, seperti kelenjar minyak yang tersumbat. Namun, pembengkakan juga dapat disebabkan oleh kondisi yang serius atau mengancam jiwa, seperti syok anafilaksis, yang harus segera dievaluasi dalam keadaan darurat.

Baca Juga:
Biar Tak Makin Parah, Ini Tiga Pantangan yang Wajib Dihindari Saat Mata Bintitan

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penyebab kelopak mata bengkak yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa 21/12/2021).

Ilustrasi mata lelah. (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)
Ilustrasikelopak mata bengkak. (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

1. Alergi dan reaksi alergi

Alergi musiman seperti demam , serta reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, dan sengatan lebah dapat menyebabkan pembengkakan pada kedua kelopak mata. 

Jika salah satu mata bengkak, merah dan gatal, biasanya karena reaksi alergi terhadap sesuatu yang langsung mengenai mata Anda, seperti bulu binatang atau debu. 

2. Chalazion

Baca Juga:
Bukan karena Kebiasaan Mengintip, Ini Penyebab Mata Bintitan!

Chalazion adalah kelenjar yang tersumbat yang dapat terjadi di sepanjang tepi bagian dalam kelopak mata atas atau bawah. Orang dengan rosacea memiliki peningkatan risiko terkena kalazion. Pembengkakan biasanya terlokalisasi tetapi dapat melibatkan seluruh kelopak mata, menghalangi penglihatan. 

Pembengkakan biasanya tidak menyakitkan. Untuk membantu membersihkan kelenjar dan isinya, pegang waslap hangat di atas kelopak mata yang bengkak beberapa kali sehari. Diperlukan waktu beberapa minggu untuk membersihkan kelenjar dan pembengkakan mereda.

Ilustrasi sakit mata atau mata bengkak akibat radang saluran air mata. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit mata atau mata bengkak akibat radang saluran air mata. (Shutterstock)

3. Bintitan

Istilah medis untuk bintitan adalah hordeolum, pembengkakan karena peradangan atau infeksi Staphylococcal pada folikel bulu mata. Biasanya terdapat nanah di tengah kelopak mata yang bengkak disertai bintil, dan berwarna merah serta nyeri saat disentuh. 

Bintitan dapat pecah dalam beberapa hari, yang melepaskan nanah dan mengurangi pembengkakan. Penyedia layanan kesehatan dapat meresepkan obat tetes antibiotik jika perlu.

Demikian informasi mengenai penyebab kelopak mata bengkak yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Ulil Azmi

Scroll to Top