Penyebab Gurun di Arab Saudi Mendadak ‘Menghijau’ Tumbuh Pohon dan Rumput

Penyebab Gurun di Arab Saudi Mendadak ‘Menghijau’ Tumbuh Pohon dan Rumput

Penyebab Gurun di Arab Saudi Mendadak ‘Menghijau’ Tumbuh Pohon dan Rumput

Suara.com – Pengguna media sosial dikejutkan dengan video viral yang menunjukkan bentang alam wilayah Arab Saudi menghijau. Dalam video tersebut, rumput dan pohon kecil di Arab Saudi tumbuh subur.

Padahal, sejauh yang kita tahu kawasan jazirah merupakan wilayah padang pasir yang gersang. Jangankan melihat segerombolan rumput dan pepohonan hijau, seonggok tanaman saja jarang ditemukan. 

Penyebab rumput dan pohon di Arab Saudi tumbuh diperkirakan lantaran kawasan sepanjang Makkah-Jeddah baru saja diguyur hujan. Demikian keterangan dalam video yang banyak beredar di media sosial Facebook dan Twitter tersebut. 

Salah satu pengunggah pemandangan hijau di Arab Saudi adalah akun Twitter @theholymosques. Akun ini menampakkan empat foto yang mewakili lanskap Makkah yang hijau. Satu di antara foto-foto tersebut terlihat kereta api yang seperti melintasi padang rumput. 

Baca Juga:
Suka Kritik Indonesia, Geger Ternyata Rumput Stadion My Dihn Vietnam Kalah Hijau Dibandingkan Lapangan Desa Boyolali

Postingan tersebut pun dibanjiri komentar netizen. Beberapa di antaranya menukil riwayat hadis yang menyatakan tidak akan tiba hari kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai ( HR Muslim ).

Mengutip The Islamic Information, Seperti dilansir Arabia Weather pada Minggu, 7 Januari, citra satelit Terra yang dikeluarkan oleh American Space Agency (NASA) menangkap pemandangan hijau di beberapa daerah di Arab Saudi. Vegetasi hijau dapat muncul di daerah kering yang didominasi oleh gurun, seperti kota Makkah, Jeddah dan Madinah.

Diketahui, selama beberapa hari terakhir, aktivitas curah hujan tinggi tercatat di Arab Saudi sejak Desember 2022. Curah hujan ini terjadi pada kecepatan yang sama dan hampir terus menerus untuk jangka waktu yang sangat lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai akibat dari curah hujan yang melimpah, terutama di wilayah barat Arab Saudi, beberapa daerah menjadi tertutup tanaman hijau secara tidak biasa.

Di tengah fenomena ini, banyak pengguna internet mengaku ketakutan dengan pemandangan hijau di wilayah Saudi, bahkan mengaitkannya dengan hadis tentang akhir dunia seperti diriwayatkan Rasulullah.

Baca Juga:
Skuad Timnas Indonesia Geleng-geleng Kepala Lihat Rumput Stadion My Dinh Kering dan Mati

Diketahui bahwa sebelum hujan lebat melanda daerah itu, terjadi kekeringan di berbagai negara bagian yang mendorong Kerajaan Arab untuk mengeluarkan dekrit yang menginstruksikan masjid-masjid di seluruh Kerajaan untuk mengadakan shalat Istiqa pada bulan November.

Scroll to Top