PDIP Tak Masalah Mayoritas Partai Gabung KIM di Pilkada 2024

PDIP Tak Masalah Mayoritas Partai Gabung KIM di Pilkada 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku tak masalah mayoritas partai politik bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilkada 2024.

“Ya enggak ada masalah,” ujar Hasto di Museum Multatuli Rangkasbitung, Banten, Jumat (16/8).

Hasto mengatakan PDIP menjadi jembatan penghubung semua partai usai Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon-calon kepala daerah di 305 daerah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dari total 610 calon dari 305 daerah itu ternyata PDIP 57 Persen. Kemudian non-partai itu 62 persen dan di kalangan PNS, dari kalangan swasta, purnawirawan TNI-Polri. Dari Golkar 10 persen dari Gerindra di atas 6,8 persen. Seluruh partai ada,” jelasnya.

Menurutnya hal itu menunjukkan konfigurasi politik di daerah sangat khas dan unik.

“Itu porprosional dengan persentase perolehan kursi di tingkat kabupaten/kota. Karena Golkar nomor dua, otomatis kerja sama PDIP dengan Golkar juga terbanyak kedua. Terbanyak ketiga adalah Gerindra dan seterusnya,” kata Hasto.

Megawati pada tahap pertama telah menyerahkan 13 surat rekomendasi kepada calon gubernur dan wakil gubernur, serta 293 pasangan calon kepala daerah di tingkat kabupaten/kota.

PDIP selanjutnya akan kembali mengumumkan daftar calon kepala daerah hingga masa pendaftaran 27 Agustus mendatang.

Namun, PDIP hingga kini belum mengumumkan sikap untuk maju di Pilkada DKI Jakarta. Peluang PDIP untuk membentuk poros baru [un kian menyempit.

Partai-partai pemilik kursi DPRD merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Ridwan Kamil. PKB dan PKS juga belum memutuskan siapa kandidat yang akan diusung.

(lna/pta)

[Gambas:Video CNN]


Scroll to Top