Pandemi COVID-19, MSF Soroti Kebutuhan Alat Diagnostik Medis yang Meningkat di Asia

Pandemi COVID-19, MSF Soroti Kebutuhan Alat Diagnostik Medis yang Meningkat di Asia

Suara.com – Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan lebih dari 1,5 tahun membuat sejumlah negara mengalami masalah di sistem kesehatan. Salah satunya adalah kurangnya ketersediaan alat diagnostik medis di sejumlah negara-negara Asia.

Dalam webinar ‘Produksi Diagnostik Lokal untuk Memenuhi Kebutuhan Kesehatan di Asia,’ yang diselenggarakan oleh Doctors Without Borders / Médecins Sans Frontires (MSF), pentingnya pemenuhan alat diagnostik medis dalam negeri terpampang jelas.

Pandemi COVID-19 telah dengan jelas menunjukkan bahwa ketika pasokan langka, negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah berada di ujung antrean. Lebih banyak investasi dan tindakan diperlukan untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan lokal, dan kapasitas produksi diagnostik berkualitas di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah,” kata Stijn Deborggraeve, Penasihat Diagnostik, Kampanye Akses MSF, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

Webinar yang dihadiri oleh sekitar 100 pemangku kepentingan dari Asia Tenggara ini membahas bagaimana pandemi COVID-19 telah mengungkap batas pasar diagnostik saat ini, di mana sebagian besar negara bergantung pada pasokan beberapa produsen global untuk tes diagnostik, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk diversifikasi pasar diagnostik dengan lebih banyak produksi lokal.

Ilustrasi Pandemi. (Pexels)
Ilustrasi Pandemi. (Pexels)

Dalam pandemi, di mana kebutuhan global melebihi kapasitas pasar global untuk memasok, dan ketika waktu sangat penting, dunia perlu memikirkan cara yang lebih efisien untuk memenuhi kebutuhan kesehatan di semua negara.

“Ilmuwan dan produsen lokal adalah kunci untuk perawatan kesehatan yang inklusif dan kritis terhadap waktu. Namun, mereka sering sendirian dalam perjalanan dari R&D ke komersialisasi. Sedikit bantuan, seperti pendanaan benih atau konsultasi dalam uji klinis dan produksi, akan sangat membantu. Dengan bantuan, Davids ini dapat membantu mengalahkan Goliat pandemi apa pun,” komentar Berlin Tran, Peneliti di Universitas Ekonomi Kota Ho Chi Minh.

Selain COVID-19, banyak program pengendalian penyakit di negara-negara mengalami akses yang buruk ke diagnostik dengan jaminan kualitas karena negara-negara bergantung pada impor tes diagnostik dari Amerika Serikat, Eropa, dan produsen volume tinggi yang berbasis di China, India, dan Korea Selatan untuk kebanyakan penyakit.

Negara-negara sering berjuang untuk mengimpor tes yang mereka butuhkan untuk mendeteksi penyakit yang terutama mempengaruhi wilayah mereka. Produsen di negara-negara berpenghasilan tinggi (HICs) umumnya memiliki minat yang terbatas dalam mengembangkan tes yang terutama mempengaruhi wilayah LMIC atau dapat menghentikan produksi karena pasar yang terbatas dan kurang menguntungkan.

“Impor teknologi diagnostik untuk perawatan kesehatan juga mengimpor asumsi di mana teknologi itu diciptakan. Sebaliknya, diagnostik yang dikembangkan secara lokal dapat, dan harus, memasukkan kebutuhan dan masalah masyarakat ke dalam desainnya. Namun, litbang diagnostik lokal menantang dan dibebani oleh sumber bahan yang lambat, panduan peraturan yang tidak jelas, dan kesulitan dalam mencapai keselarasan multi-sektor; tantangan yang hanya dibuat oleh pandemi COVID-19, bukan diciptakan. Jika kita bertujuan untuk mengatasi pandemi ini dan bersiap untuk pandemi berikutnya, kita harus menciptakan ekosistem R&D yang memungkinkan untuk diagnostik lokal. Salah satu yang mendukung pengembangan awal mereka dan memberikan jalur yang jelas ke pasar dan untuk diadopsi secara luas oleh sistem perawatan kesehatan kami,” tambah Ricardo Jose Guerrero, Rekan Peneliti di Ateneo Research Institute of Science and Engineering (ARISE) & Engineering Lead di Bayan Biomedical Research Group.

Baca Juga:
Kapan Pandemi Covid-19 Bakal Berakhir? Ini Jawaban Satgas Covid-19

Scroll to Top