Menstrual Cup Nyangkut di Dalam Vagina? Begini Cara Mengeluarkannya

Menstrual Cup Nyangkut di Dalam Vagina? Begini Cara Mengeluarkannya

Suara.com – Menstrual cup menjadi salah satu alternatif yang lebih ramah lingkungan dibanding dengan pembalut. Tapi, sejumlah masyarakat masih kerap enggan menggunakannya.

Terlebih, ada kekhawatiran bahwa menstrual cup kemudian menyangkut dan sulit dikeluarkan dari vagina. Tapi sebetulnya tidak perlu khawatir, dilansir dari Healthshots, Dr Tanaya Narendra memberikan beberapa tipsnya.

1. Gunakan jari Anda untuk mencubit bagian bawah cangkir

Pastikan untuk menggunakan batang sebagai panduan untuk menemukan bagian bawah cangkir. Mencubit akan membantu melepaskan vakum dari lubang udara di cup Anda.

Baca Juga:
Wanita Wajib Tahu, Ini 3 Tips Sederhana Usir Keputihan yang Berbau

Menstrual cup, cawan menstruasi [shutterstock]
Menstrual cup, cawan menstruasi [shutterstock]

Cobalah untuk menekan dasar cup, tetapi gunakan tekanan yang konsisten. Bagi mereka yang menggunakan tampon dan menganggapnya mirip, sebenarnya tidak demikian. Mungkin butuh sedikit lebih lama, jadi bersabarlah.

2. Jika masih tidak membantu, jongkok di lantai dan lakukan ini

Untuk pengguna cangkir menstruasi pertama kali, mungkin lebih sulit dari biasanya. Dr Cuterus punya solusi lain.

“Jongkok di lantai (ini melemaskan otot-otot panggul Anda, sehingga mereka melepaskan cangkir. Cobalah untuk melahirkan cangkir, berikan tekanan dengan cara yang sama seperti jika Anda membuang cangkir.”

Selain itu, jika Anda telah mencoba untuk mengeluarkan untuk sementara waktu, dan vagina Anda terasa bengkak dan sangat tertekan, silakan istirahat.

Baca Juga:
3 Tanda Vagina Sehat dan Kapan Waktunya Harus Diperiksakan

Sebagian besar menstrual cup terbuat dari silikon kelas medis, jadi meskipun itu tetap berada di dalam vagina Anda untuk waktu yang lama, itu tidak akan membahayakan Anda dengan cara apa pun.

Scroll to Top