Menlu RI Ungkap 18 Negara Antre Ketemu Jokowi di KTT G20

Menlu RI Ungkap 18 Negara Antre Ketemu Jokowi di KTT G20

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut sudah ada 18 negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20).

Retno belum mau membeberkan daftar negara tersebut. Akan tetapi, ia memastikan Amerika Serikat menjadi salah satu negara dalam daftar itu.

“Untuk bilateral sejauh ini sudah, saya lupa datanya, tetapi sekitar 18-20 (perwakilan negara). Kita akan melakukan bilateral dengan Amerika,” kata Retno di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/10).

Retno menyampaikan pihaknya sedang mengatur jadwal pertemuan bilateral tersebut. Dia berkata kemungkinan sebagian pertemuan tak digelar di sela-sela KTT G20.

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah akan menyediakan waktu untuk negara-negara itu bertemu Jokowi pada KTT ASEAN di Vietnam pada 10-13 November. Sebagian lainnya kemungkinan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi pada KTT APEC di Thailand pada 15-16 November.

“Prinsipnya Presiden sangat menghargai dan ingin sekali melakukan pertemuan sesuai dengan permintaan para leaders negara lain,” ujarnya.

Indonesia telah menjalani peran presidensi G20 sejak November tahun lalu. Indonesia akan mengakhiri masa jabatannya dengan menggelar KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

(dhf/bac)



[Gambas:Video CNN]


Scroll to Top