Mengungkap Alasan Rusia Belum Kuasai Ukraina Jelang 1 Bulan Invasi

Mengungkap Alasan Rusia Belum Kuasai Ukraina Jelang 1 Bulan Invasi

Jakarta, CNN Indonesia

Peperangan antara Rusia vs Ukraina belum menandakan tanda-tanda akan mereda menyusul invasi Moskow yang berlangsung hampir satu bulan.

Hingga kini, pasukan Rusia masih terus menggempur sejumlah kota strategis Ukraina terlepas dari sederet upaya dialog antara kedua negara demi mengakhiri perang.

Walau masih membombardir kota-kota di Ukraina, pasukan Rusia belum juga berhasil menduduki wilayah baru setelah Kota Kherson di pekan ketiga invasi berlangsung. Konvoi militer Rusia menuju Ibu Kota Kyiv juga dikabarkan mandek hingga dibubarkan sebagian.

Sampai saat ini, banyak pihak akhirnya dibuat penasaran soal siapa yang memegang komando tertinggi pasukan Rusia di Ukraina.

Menurut sejumlah sumber, Amerika Serikat sendiri hingga kini tidak dapat memastikan apakah Rusia telah menunjuk seorang komandan militer yang bertanggung jawab untuk memimpin “operasi militer” di Ukraina.

Sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan AS bahkan meyakini Rusia bahkan tak menunjuk komandan tertinggi di lapangan sehingga membuat agresi militernya terhadap Ukraina kacau dan tanpa tujuan yang jelas.

Operasi Militer Kacau

Sejauh ini, banyak pengamat militer menganggap operasi militer Rusia di Ukraina kacau dan tidak terkoordinasi dengan baik.

Tanpa komandan tingkat atas di lapangan, kata sejumlah pejabat AS, unit-unit militer Rusia di Ukraina hanya bersaing memperebutkan sumber daya tanpa tujuan jelas. Para pasukan Rusia juga disebut bertempur tanpa ada koordinasi yang jelas antar masing-masing divisi dan unitnya.

Beragam unit militer yang berpartisipasi dalam serangan Rusia ke Ukraina gagal terhubung satu sama lain. Menurut sejumlah sumber, para unit militer Rusia di Ukraina tampaknya bertindak secara independen tanpa skenario operasional.

Sebab, pasukan Rusia belum juga menduduki kota-kota besar, terutama Ibu Kota Kyiv, meski telah 26 hari menggempur Ukraina. Sejumlah konvoi militer Rusia di Ukraina bahkan disebut mandek dan kehabisan logistik hingga menghambat pergerakan.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>


Koordinasi Buruk


BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Scroll to Top