Mengenal Mobil Listrik Wuling Rp60 Juta yang Dibawa ke Jakarta

Mengenal Mobil Listrik Wuling Rp60 Juta yang Dibawa ke Jakarta
Jakarta, CNN Indonesia —

Wuling memperkenalkan dua mobil listrik baru di Indonesia di sela-sela peresmian Flagship Wuling Center di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (28/10). Mobil listrik itu disebut Hongguang Mini EV berukuran ringkas yang h.

Wuling Mini EV dirancang menggunakan platform baru Global Small Electric Vehicle (GSEV). Sedangkan dimensinya berukuran seperti micro car, yakni panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, serta wheelbase 1.940 mm. Ukuran ini lebih besar sedikit dari Smart Fortwo.

Mobil ini hampir tak punya bagasi jika jok belakang diisi penumpang, namun jok belakang dapat dilipat hingga menawarkan ruang 741 liter yang disebut muat koper 26 inci atau stroller.

Ukurannya yang mungil bikin mobil ini mudah dikendalikan termasuk saat parkir sekaligus mendukung aktivitas berkendara di perkotaan.

Wuling masih mendatangkan versi setir kiri. Jika dijual di Indonesia baru akan diubah setir kanan sesuai aturan yang berlaku. Mobil ini juga sempat dicoba Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat bertandang ke pabrik Wuling di Indonesia beberapa waktu lalu.




Wuling MINI EVWuling MINI EV. (Foto: CNN Indonesia/ Rayhand Purnama)

Kemampuan Wuling Mini EV

Wuling Hongguang Mini EV dibekali satu motor listrik yang dilengkapi BMS intelligent battery management system. Baterai mobil dikatakan dapat diisi melalui sistem pengisian cepat atau listrik rumahan dengan tegangan tertentu.

Catatan tenaganya hanya 20 kW (26,8 hp) dan torsi maksimum 85 Nm. Mengemudikan mobil ini bisa sampai sejauh 170 kilometer menggunakan baterai terisi penuh yang bisa diisi ulang menggunakan colokan 220 volt. Kecepatan maksimalnya dibatasi hanya 100 kilometer per jam.

Ada pilihan baterai yang dapat menempuh jarak 120 km sampai 300 km untuk sekali pengecasan.

Fitur Wuling Mini EV

Hongguang Mini EV dibekali berbagai teknologi pengaturan fitur voice comand seperti pada Wuling Almaz RS.

Sementara dalam situsnya, Mini EV dirancang menggunakan besi high-strength. Sedangkan fitur standar pada mobil ini anti-lock braking system, electronic brake-force distribution (EBD), tire pressure monitoring system (TPMS), dan sensor parkir. Tidak menyebut ada airbag di varian standar.

Varian Macaron menyuguhkan airbag untuk sopir sebagai fitur standar. Macaron juga punya fitur yang dimiliki varian standar, namun sudah ditambah low-speed pedesterian warning system dan kamera parkir.




Wuling MINI EVMobil listrik Wuling MINI EV. (Foto: CNN Indonesia/ Rayhand Purnama)

Harga

Produk Planing Wuling Indonesia Danang Wiratmoko mengatakan sejauh ini MINI EV baru dipasarkan di China.

Harga jual mobil relatif terjangkau sebab mendapat insentif pemerintah. Harga di China jika dirupiahkan mobil tersebut dijual mulai Rp60 juta sampai 120 jutaan.

“Tapi di sini belum bisa punya gambaran untuk seharusnya ev ini dipasarkan. Kami masih cari tau,” kata Danang di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (28/10).

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]


Scroll to Top