Lorenzo Ragu Marquez Bisa Juara MotoGP, Masih Dihantui Cedera

Lorenzo Ragu Marquez Bisa Juara MotoGP, Masih Dihantui Cedera


Jakarta, CNN Indonesia

Eks pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo menyebut cedera menghantui Marc Marquez dalam persaingan titel juara MotoGP 2024.

Marquez mengalami cedera serius pada musim 2020 lalu. Kecelakaan itu membuat dirinya terpaksa kehilangan banyak momen balapan dan kerap terlempar dari peta persaingan juara.

Terlebih ketika Marquez harus menjalani serangkaian operasi di bagian lengan medio 2020 hingga 2022. Situasi ini membuat Lorenzo berpendapat bahwa The Baby Alien bakal kewalahan dalam memburu gelar juara MotoGP ketujuh pada musim ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Cedera di sirkuit Jerez pada 2020 membebaninya secara fisik. Menurut saya, kita belum bisa melihat gelar juara mendekat ke Marc Marquez,” kata Lorenzo kepada DAZN, dikutip Crash.

Selain faktor cedera, situasi yang bakal memberatkan Marquez untuk kembali mengangkat piala adalah kehadiran dua pembalap potensial yang lebih muda yakni Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Dua rider itu digadang-gadang jadi rival terkuat dalam perebutan gelar.

“Tidak akan mudah baginya menjuarai [MotoGP] lagi karena ada dua pembalap muda di depannya. Sekarang Jorge Martin menuju Aprilia, tapi juga ada Pecco Bagnaia yang lebih muda dari [Marquez]. Mereka sangat cepat dan nyaris sempurna,” ujar Lorenzo.

Kepindahan Marquez ke tim Gresini sekaligus mengendarai sepeda motor berbeda belum dianggap sebagai pendukung pemilik enam gelar MotoGP itu akan kembali merajai grand prix.

“Dalam beberapa kasus, kita bisa lihat bahwa cedera membuatnya menurun. Dari semua aspek yang membentuk Marquez, meski dengan sepeda motor terbaik dan terbaru, tidak membuatnya meraih kemenangan,” ucapnya.

Di satu sisi, performa Marquez perlahan menunjukkan peningkatan. Setelah finis di peringkat ke-14 klasemen pembalap pada MotoGP 2023, Marquez semakin bangkit.

Kini dirinya berada di posisi keempat klasemen sementara. Meski belum menang dalam 11 seri balap, Marquez mencatat satu kali pole position dan empat kali podium musim ini.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/sry)


Scroll to Top