Kondisi Cuaca Sore Hari Jelang Kegiatan Kemah Jokowi di IKN: Mendung

Kondisi Cuaca Sore Hari Jelang Kegiatan Kemah Jokowi di IKN: Mendung
Sepaku, CNN Indonesia

Awan mendung terlihat di langit wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Senin (14/3) sore.

Berdasarkan pantauan sejak sekitar pukul 15.30 WITA, mendung terlihat di wilayah yang akan menjadi ibu kota negara (IKN) baru Indonesia tersebut.

Sebagai informasi, pada Senin malam ini rencananya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kegiatan berkemah di kawasan inti IKN tersebut. Ia akan berkemah didampingi ibu negara, Iriana, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan sejumlah pejabat negara lain.

Saat dikonfirmasi. Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan memastikan kondisi cuaca di kawasan titik nol IKN Nusantara cerah hingga berawan.

“Dari pantauan kami, untuk Penajam Paser Utara hari cerah hingga berawan. Mulai dari pagi hingga malam,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan BMKG Balikpapan Mulyono Leonardo pada Senin petang.

Lebih lanjut dia menerangkan, dari prakiraan cuaca potensi hujan bakal terjadi esok hari persisnya Selasa (15/3) siang. Kondisi tersebut bisa dipantau situs resmi BMKG. Pihaknya juga tak berhenti memantau laporan cuaca dari citra satelit.

“Belum ada potensi hujan, data kami hujan terjadi besok siang,” ujar Mulyono.

Meski demikian, dari pengamatan media ini di lapangan, langit mendung tampak menggelayut di gerbang jalur masuk IKN Nusantara.

“Mendung belum tentu hujan, ini kondisi awan masih sama dari citra satelit,” kata Mulyono.




Jalur masuk menuju kawasan IKN Nusantara tampak mendung pada Senin (14/3) sore. (CNN Indonesia/Yuda)Jalur masuk menuju kawasan titik nol IKN Nusantara, Sepaku, Kalimantan Timur, tampak mendung pada Senin (14/3) sore. (CNN Indonesia/Yuda)

Cuaca buruk saat berkemah di IKN memang bikin waswas. Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pujo Rumekso pun tak menampik hal tersebut. Dan perubahan cuaca tiba-tiba itulah yang paling dihindari. Kendati demikian pihaknya sudah mempersiapkan segalanya, temasuk antisipasi iklim buruk.

“Memang situasi paling rawan saat ini ialah perubahan cuaca tak menentu. Seperti hujan beberapa hari ini. Tapi alhamdulillah sudah cerah. Kami harap tetap demikian sehingga acara lancar,” kata Teguh Pujo seperti dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sebagai informasi pemindahan IKN dari DKI Jakarta di Pulau Jawa ke Kalimantan Timur telah diatur dalam UU 3/2022 yang diundangkan pada 15 Februari lalu. Targetnya, pada 2024, pemerintah pusat sudah pindah ke sana dan melaksanakan upacara Proklamasi RI di IKN. Kepindahan ibu kota dari DKI ke Kaltim itu diatur lewat Keputusan Presiden, di mana bila belum terbit maka ibu kota masih di Jakarta.

Merujuk pada UU 3/2022 tentang IKN, kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) akan berada di wilayah yang saat ini masih dikenal sebagai Kecamatan Sepaku. Kemudian untuk pengembangan wilayah atau perluasannya akan memakan sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

(rio/kid)

[Gambas:Video CNN]


Scroll to Top