Kirgistan Dorong Indonesia Masuk 16 Besar Asian Games Lebih Cepat

Kirgistan Dorong Indonesia Masuk 16 Besar Asian Games Lebih Cepat

Jakarta, CNN Indonesia

Kemenangan Kirgistan atas Taiwan membuat Timnas Indonesia U-24 memastikan diri lolos ke babak 16 besar Asian Games tanpa perlu menunggu hasil laga di sesi Minggu (24/9) malam.

Timnas Indonesia U-24 menelan kekalahan 0-1 dari Korea Utara. Meskipun kalah, Timnas Indonesia U-24 tetap bisa tersenyum karena berhasil lolos ke babak 16 besar Asian Games.

Hal itu lantaran pada laga lainnya, Kirgistan menaklukkan Taiwan dengan skor 4-1. Hasil tersebut juga membuat Timnas Indonesia U-24 memastikan diri lolos ke 16 besar tanpa perlu menunggu hasil laga pertandingan di sesi malam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan Kirgistan naik ke posisi kedua, Timnas Indonesia U-24 punya koleksi poin tiga dalam klasemen peringkat ketiga Asian Games. Timnas Indonesia U-24 pun dipastikan aman berada di zona empat besar peringkat tiga terbaik, bahkan ada di nomor urut pertama.

Hal itu tidak akan terjadi bila Taiwan yang memenangkan pertandingan lawan Kirgistan. Andai Taiwan menang lawan Kirgistan, Taiwan akan ada di posisi kedua sedangkan Kirgistan jadi juru kunci.

Catatan itu membuat Timnas Indonesia U-24 ada di peringkat ketiga namun dengan koleksi poin nol dalam klasemen perebutan peringkat ketiga. Pasalnya, duel lawan Kirgistan tidak akan dihitung seiring posisi Kirgistan ada di juru kunci.

Situasi itu sempat terjadi di babak pertama saat Taiwan lebih dulu unggul 1-0 lawan Kirgistan. Dalam posisi itu, Timnas Indonesia U-24 harus menanti hasil akhir grup lainnya di sesi malam untuk kepastian lolos ke 16 besar Asian Games.

Saat Kirgistan berbalik unggul 2-1 dan 3-1, Timnas Indonesia U-24 sejatinya naik ke posisi runner up grup andai skor tersebut bertahan hingga akhir pertandingan. Namun Kirgistan berhasil mencetak gol tambahan sehingga mereka yang menyodok ke posisi kedua sedangkan Timnas Indonesia U-23 lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

Kirgistan dan Indonesia memiliki selisih gol yang sama, yaitu nol. Namun Kirgistan lebih unggul dalam jumlah gol yang dicetak yaitu 4 berbanding 2.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)



Scroll to Top