Karya Perajin Muda Lulusan PKW Tenun dan Kriya Dipamerkan di Kriyanusa 2024

Karya Perajin Muda Lulusan PKW Tenun dan Kriya Dipamerkan di Kriyanusa 2024

Karya Perajin Muda Lulusan PKW Tenun dan Kriya Dipamerkan di Kriyanusa 2024

loading…

Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2024 akan digelar 28 Agustus-1 September 2024 mendatang dengan tema Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya. Foto/Istimewa.

JAKARTAPameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2024 akan digelar 28 Agustus-1 September 2024 mendatang dengan tema “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya”. Kriyanusa tahun ini akan fokus menampilkan perajin muda dan produksi hasil karyanya yang telah dikurasi.

Bertempat di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Kriyanusa 2024 yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), akan kembali menghadirkan Pameran Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya, yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi , Kemendikbudristek.

Baca juga: 15 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024, Kualitas Lulusan Mentereng

Direktur Kursus dan Pelatihan, Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Nahdiana, mengatakan, program PKW Tekun Tenun dan Kriya merupakan program yang memberikan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan modal usaha bagi anak-anak Indonesia sebagai bekal berwirausaha di bidang kerajinan tangan tenun dan kriya.

“Program ini fokus pada upaya melahirkan para usahawan muda melalui pengembangan keahlian kerajinan tangan dan kekayaan budaya yang berasal dari daerah-daerah seluruh pelosok negeri,” katanya, melalui siaran pers, Minggu (25/8/2024).

Dia menjelaskan, karya-karya para perajin muda lulusan program PKW Tekun Tenun dan Kriya yang akan dihadirkan pada Kriyanusa 2024 ini, merupakan produk kekayaan warisan budaya yang berasal dari wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Baca juga: Pahami Dunia Bisnis Digital, Siswa SMK Multicomp Depok Ikut Inkubasi Digipreneur

Pameran ini merupakan pameran yang akan mewakili 4.699 generasi muda dari 19 provinsi di seluruh Indonesia yang telah berhasil mengikuti program PKW Tekun Tenun dan Kriya sejak 2020.

Melalui program yang telah menghasilkan 2.284 rintisan usaha/pengusaha baru ini, pengembangan kerajinan tradisi telah berjalan dengan kurikulum yang mendorong peningkatan kecakapan daya saing kreasi generasi perajin muda, yang membangkitkan geliat motivasi dan inovasi hasil tenun dan kriya, serta memperkuat upaya regenerasi perajin muda dari generasi perajin para pendahulunya.

Kriyanusa 2024 dimeriahkan dengan kegiatan talkshow, fashion show, seni tari, musik serta pameran beragam wastra Nusantara. Memamerkan aneka kain tradisional dengan makna dan simbol yang mengacu pada dimensi warna, bahan dan ukurannya seperti batik, tenun songket dan sebagainya.

Pameran ini menyusul keberhasilan Kriyanusa 2023 lalu yang dibuka resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Kriyanusa 2023 sukses mencatat kehadiran 46.795 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp20 Milyar dari 307 booth peserta yang mengisi pameran dari perajin binaan Dekranas/Dekranasda seluruh Indonesia serta binaan Kementerian, Lembaga dan BUMN.

(nnz)

Scroll to Top