Jadi Unicorn Baru, Valuasi J&T Salip Tokopedia Hingga Traveloka

Jadi Unicorn Baru, Valuasi J&T Salip Tokopedia Hingga Traveloka

Jadi Unicorn Baru, Valuasi J&T Salip Tokopedia Hingga Traveloka

Suara.com – PT Global Jet Express atau J&T Perusahaan jasa ekspedisi berhasil menyabet status unicorn baru di Indonesia. Bahkan, J&T menyalip Tokopedia dari sisi nilai valuasi.

Berdasarkan laporan, CBInsights yang bertajuk The Complete List of Unicorn Companies edisi April 2021, J&T memiliki nilai valuasi sebesar 7,8 miliar dolar AS yang mana lebih tinggi dari Tokopedia yang sebesar 7 miliar dolar AS.

Kendati demikian, nilai valuasi Tokopedia masih menggunakan data lama yaitu data 2016-2019. Sedangkan, valuasi J&T merupakan yang terbaru pada 7 April 2021.

Dalam laporan tersebut, terdapat 600 perusahaan yang masuk kategori unicorn di dunia di mana ada lima perusahaan asal Indonesia yang masuk daftar tersebut.

Baca Juga:
Gaet Unicorn Masuk Pasar Modal, BEI Bakal Lakukan Ini

Adapun, lima unicorn di Indonesia diantaranya Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, dan J&T Express.

Diketahui, dalam laporan itu valuasi Tokopedia sebesar 7 miliar dolar AS pada 2016. Kemudian disusul, Bukalapak sebesar 3,5 miliar dolar AS, lalu Traveloka 3 miliar dolar AS pada 2017, serta OVO sebesar 2,9 miliar dolar AS pada 2019.

Dalam catatan CBInsights, nilai valuasi J&T Express sangat besar disebabkan, karena memiliki suntikan modal dari sejumlah investor.

Sekadar Infomasi, J&T Express pertama kali di Indonesia sejak tahun 2015 dan menghadirkan layanan perintis operasional 365 hari tanpa libur.

Saat ini, J&T memiliki hampir 100 gateway center dengan peralatan profesional, selain itu juga memiliki lebih dari 4.000 titik operasi, memiliki lebih dari 30.000 sumber daya manusia terlatih, dan ribuan armada untuk mendukung layanan pengiriman pesan antar kota, antar provinsi, dan lintas pulau.

Baca Juga:
Diminta Buat Latte Art Unicorn Pink, Pria Ini Buat Karya Mengagumkan

Scroll to Top