Garuda Indonesia Kembalikan Lebih Cepat Pesawat ke Lessor

Garuda Indonesia Kembalikan Lebih Cepat Pesawat ke Lessor

Garuda Indonesia Kembalikan Lebih Cepat Pesawat ke Lessor

Suara.com – Maskapai Garuda Indonesia mengembalikan lebih cepat pesawat-pesawat ke penyewa atau lessor. Salah satunya dengan mengembalikan dua armada B737-800 NG kepada salah satu lessor pesawat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, percepatan pengembalian ini dilakukan setelah adanya kesepakatan bersama antara Garuda Indonesia dan pihak lessor pesawat.

“Di mana salah satu syarat pengembalian pesawat adalah dengan melakukan perubahan kode registrasi pesawat terkait,” ujar Irfan dalam keterangannya, Senin (7/6/2021).

Irfan melanjutkan, percepatan pengembalian armada ini juga, merupakan bagian dari langkah strategis maskapai dalam mengoptimalisasikan produktivitas armada dengan mempercepat jangka waktu sewa pesawat. 

Baca Juga:
Pengamat Penerbangan Minta Tak Hanya Komisaris Garuda Indonesia yang Dipangkas

Hal ini, tambahnya, merupakan langkah penting yang perlu manajemen lakukan di tengah tekanan kinerja usaha imbas pandemi Covid-19, di mana fokus utama perseroan adalah penyesuaian terhadap proyeksi kebutuhan pasar di era kenormalan baru.

“Saat ini, kami juga terus menjalin komunikasi  bersama lessor pesawat lainnya, tentunya dengan mengedepankan aspek legalitas dan compliance yang berlaku,” jelasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memutuskan untuk akhiri kontrak pembelian pesawat Bombardier CRJ1000 yang dilakukan oleh Garuda Indonesia terhadap dua perusahaan leasing. Langkah ini, merupakan salah satu upaya maskapai lakukan efisiensi. 

Erick menyebut, Garuda Indonesia merupakan maskapai yang mana biaya leasingnya paling tinggi di dunia yang sebesar 27 persen.

Terdapat dua leasing yang berkontrak dengan Garuda Indonesia terkait pembelian pesawat tersebut, pertama Nordic Aviation Capital (NAC) dengan 12 pesawat dan Eksport Develpoment Canada (EDC) dengan enam pesawat.

Baca Juga:
DPR Desak Pemerintah Segera Benahi Masalah Keuangan Garuda Indonesia

“Karena itu, saya dengan tegas dan manajemen sangat mendukung kita memutuskan untuk mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ1000 untuk mengakhiri kontrak kepada NAC  yang memang jatuh temponya tahun 2027,” katanya.

Scroll to Top