Diklaim 60 Persen Lebih Lancar dari MIUI 13, Ini Fitur Andalan MIUI 14

Diklaim 60 Persen Lebih Lancar dari MIUI 13, Ini Fitur Andalan MIUI 14

Diklaim 60 Persen Lebih Lancar dari MIUI 13, Ini Fitur Andalan MIUI 14

Suara.com – Xiaomi telah resmi meluncurkan software antarmuka MIUI 14 di Tiongkok pada Minggu (11/12/2022), bersamaan dengan HP flagship Xiaomi 13.

Dalam keterangan resminya, Xiaomi mengatakan MIUI 14 kini memiliki firware yang lebih kecil dan tidak banyak memakan memori. Karenanya sistem ini jauh lebih ringan dari pendahulunya.

MIUI 14, klaim Xiaomi, kini bisa berjalan 60 persen lebih lancar dan mulus ketimbang MIUI 13 yang sudah berusia setahun tersebut.

Menurut GSM Arena, MIUI 14 membawa beberapa perubahan dan fitur penting. Berikut uraiannya:

Baca Juga:
Beda Xiaomi 13 vs Xiaomi 13 Pro, Dua HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru dengan Kamera Leica

Kompres aplikasi

Pertama, sistem ini akan secara otomatis mengompres aplikasi yang jarag digunakan dan mematikan notifikasi secara otomatis. Dengan demikian, ruang memori dan energi yang dihemat akan semakin besar.

Aplikasi bawaan

Pada MIUI 14 hanya adalah delapan aplikasi yang tidak bisa dihapus. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari MIUI sebelumnya. Ke delapan aplikasi itu adalah Contact, Browser, Camera, File Manager, Messages, Setting, Phone, dan Mi.

Desain widget ala Tamagotchi

Baca Juga:
Fix! Update 42 HP Xiaomi yang Bakal Terima Pembaruan MIUI 14

Desain widget pada MIUI 14 juga unik, dengan ukuran dan bentuk beragam. Salah satu yang menarik adalah widget dengan pola binatang serta bunga, yang mirip dengan animasi Tamagotchi.

Manajemen file

MIUI 14 menyediakan fitur file duplikat dan merger, yang bisa dimanfaatkan untuk merapihkan konten apa saja yang tersimpan di ponsel. Selain itu fitur pengenalan teks di Gallery juga ditingkatkan, sehingga tak ada lagi file ganda.

Sejauh ini MIUI 14 dipastikan akan tersedia pertama kali untuk Xiaomi 13. Selain itu, ada 15 gawai lain yang akan menerima pembaruan sistem tersebut di Tiongkok pada Januari – April 2023.

Scroll to Top