Contoh Pidato HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Sekolah saat Upacara Bendera

Contoh Pidato HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Sekolah saat Upacara Bendera

Suara.com – HUT Kemerdekaan RI diperingati setiap tanggl 17 Agustus, sesuai dengan hari dibacakannya proklamasi kemerdekaan tahun 1945 lalu. Tahun ini, apakah kamu mendapatkan tugas untuk membuat pidato kemerdekaan? Jika iya, silahkan coba baca contoh pidato HUT Kemerdekaan RI ke 78 di bawah ini supaya inspirasi untuk menulis dan membacakan pidato semakin lancar.

Misalnya kamu harus berpidato di teman-teman di sekolah dalam upacara bendera tanggal 17 Agustus. Berikut contoh pidato HUT Kemerdekaan RI ke 78 yang cocok untuk teman-teman di sekolah. 

Assalamu’alaikum wr.wb, 
Para guru yang terhormat, orang tua dan teman-teman saya, saya merasa senang mendapatkan kesempatan ini untuk mengungkapkan pandangan saya pada kesempatan Hari Kemerdekaan yang baik ini. Ini adalah perayaan Hari Kemerdekaan kita yang ke 78 di tahun 2023 setelah Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 1945. 

Tepat 78 tahun yang lalu hari ini, kita mendapat kebebasan. Kisah perjuangan kemerdekaan kita sangat besar yang tidak dapat dijelaskan dalam sehari. Hari Kemerdekaan sangat penting bagi setiap orang di Indonesia.

Baca Juga:
Semangat Rayakan Hari Kemerdekaan, Brompton Ajak Masyarakat Gowes Bareng di Three Peaks Challenge 2023

Untuk sejenak, mari kita renungkan kembali, sebelum proklamasi kemerdekaan, Indonesia diperintah oleh Belanda, mereka datang ke Indonesia dengan dalih perdagangan dan secara bertahap menguasai segalanya. Kemudian datang Jepang, menjadikan kita budak dalam Romusha dan lain-lainnya. 

Kemudian setelah melawan banyak agitasi dan pertempuran, Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Hari ini kita telah merdeka karena para pejuang pemberani di negara kita. Kita merayakan HUT RI ke 78 ini dengan memberikan penghormatan kepada orang-orang itu. Hari Kemerdekaan adalah salah satu festival nasional Indonesia untuk bersuka cita, merenung, dan menata rencana menuju masa depan yang lebih baik. 

Saya mengajak teman-teman untuk menetapkan cita-cita, bagaimana membuat diri kita sendiri lebih dahulu menjadi manusia yang berguna untuk bangsa dan negara. Semua dimulai dari diri sendiri. Mulai hari ini, mari kita perbaiki diri, kemudian kita bisa menjadi contoh untuk menjadikan lingkungan kita menjadi lebih baik. 

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam pidato hari ini. Semangat! Merdeka!

Itulah contoh pidato HUT Kemerdekaan RI ke 78. Kamu juga bisa menambahkan beberapa kata mutiara atau ucapan selamat hari merdeka seperti daftar ucapan di bawah ini:

Baca Juga:
Belanda Akui Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Menhan Prabowo: Syukur-syukur Kalau Dia Minta Maaf

1. Tidak ada yang sebaik hidup di negara yang mandiri dan mandiri.

2. Semoga sukses dan selamat Hari Kemerdekaan!

3. Semoga kita semua dapat meraih kesuksesan! Selamat hari kemerdekaan!

4. Selamat ulang tahun untuk negara kita tercinta!

5. Selamat berbahagia untuk kita semua, selamat hari Kemerdekaan RI!

6. Selamat Hari Kemerdekaan yang aman dan menyenangkan!

7. Tetap nikmati kebebasan sepenuhnya! Selamat hari Kemerdekaan!

8. Semoga kita semua diberkati oleh Yang Maha Kuasa, menjadi manusia yang dapat membangun bangsa ke arah yang lebih baik!

9. Sebagai bangsa, kita membutuhkan pemimpin yang baik yang dapat kita percayai — jenis pemimpin yang selalu menempatkan kesejahteraan publik di atas kepentingan politik atau pribadi mereka sehingga kerinduan dan aspirasi rakyat jelata dapat terwujud. Ini adalah pesan saya kepada semua saat kita menandai peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini. Selamat merayakannya!

10. Saat kita merayakan kemerdekaan bangsa kita, mari kita ingat para pemimpin masa lalu kita yang kehilangan nyawa mereka dalam pertempuran untuk kebebasan yang kita nikmati hari ini. Selamat Hari Kemerdekaan yang indah!

Demikian itu contoh pidatu HUT Kemerdekaan RI ke 78 yang bisa dijadikan referensi.

Kontributor : Mutaya Saroh

Scroll to Top