Buah Plum dan Prune Sangat Bagus bagi Penderita Osteoporosis, Begini Penjelasannya!

Buah Plum dan Prune Sangat Bagus bagi Penderita Osteoporosis, Begini Penjelasannya!

Suara.com – Seiring bertambahnya usia, tubuh juga mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, salah satunya kepadatan tulang yang lemah. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah salah satu faktor utama penyebab hilangnya kepadatan tulang atau osteoporosis.

Untuk memperbaiki kondisinya, ada buah-buahan yang bagus dikonsumsi penderita osteoporosis, dan plum adalah salah satunya.

Plum dan prune bagus untuk osteoporosis

Menurut The Health Site, buah plum kaya serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu mengurangi risiko kesehatan. Buah ini juga rendah kalori.

Baca Juga:
Tak Hanya Untuk Tulang, Ini Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Suplemen Kalsium Bagi Tubuh

Studi telah menemukan bahwa plum dapat mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk osteoporosis.

Ilustrasi lansia mengidap osteoporosis [Foto: Antara]
Ilustrasi lansia mengidap osteoporosis [Foto: Antara]

Berdasarkan hasil studi pada orang-orang pascamenopause yang dipresentasikan dalam American Physiological Society, memakan buah plum setiap hari membantu memperbaiki kondisi penderita osteoporosis.

Diketahui bahwa wanita yang menopause mengalami penurunan kadar estrogen. Inilah yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dan menjadi faktor pendorong pengeroposan tulang.

Dalam studi yang lainnya, ditemukan bahwa memakan buah prune juga mengurangi risiko kondisi tulang lemah atau osteoporosis.

Polifenol dalam buah prune juga memperbaiki tingkat stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada sejenis sel tulang yang disebut osteoklas.

Baca Juga:
Inovasi Cangkok Tulang Untuk Pengobatan Fraktur: Kini Operasi Lebih Cepat dan Minim Nyeri Lho

Scroll to Top