Berhenti Minum Kopi Mendadak, Ini 5 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh!

Berhenti Minum Kopi Mendadak, Ini 5 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh!

Suara.com – Beberapa orang mungkin terbiasa selalu minum kopi ketika mengawali hari atau ketika begadang. Kita semua tahu bahwa minum kopi memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Tapi, kita pun tahu kebiasaan minum kopi terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Sedangkan, berhenti minum kopi secara mendadak juga akan mempengaruhi keseluruhan fisik kita.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, dampak buruk berhenti minum kopi mendadak pada tubuh, pikiran dan mental.

1. Sakit kepala

Baca Juga:
Robby Purba Jalani Operasi Tumor Payudara, Begini Kondisinya

Anda mungkin kebiasaan minum kopi ketika bangun tidur agar tidak sakit kepala. Karena, minum kopi membantu mempersempit pembuluh darah sehingga akan menghilangkan sakit kepala.

Tapi, saat Anda berhenti minum kopi mendadak, itu menyebabkan pembuluh darah terbuka yang meningkatkan aliran darah ke otak. Anda akan mengalami sakit kepala karena tuuh bereaksi terhadap perubahan aliran darah mendadak.

Sakit kepala (Pixabay/RobbinHiggins)
Sakit kepala (Pixabay/RobbinHiggins)

2. Cemas

Berhenti minum kopi juga akan membuat Anda merasa cemas. Meskipun kafein bisa menyebabkan Anda merasa gelisah, tubuh menjadi tergantung secara mental dan fisik.

Berhenti minum kopi mendadak akan membuat Anda merasa cemas dan stres. Anda mungkin mengalami gejala putus gula yang dapat menyebabkan Anda merasa lebih gugup.

Baca Juga:
Varian Omicron vs Delta vs Flu Biasa, Ini Perbedaan Semua Gejalanya!

3. Perubahan kulit

Kecemasan dapat menyebabkan Anda berkeringat dan jantung Anda berdetak lebih cepat, yang buruk bagi kulit. Karena, hal itu memicu produksi kortisol yang dikenal sebagai hormon stres.

Hormon ini yang mempengaruhi pori-pori kulit Anda dan menyebabkan produksi minyak meningkat. Pada gilirannya, hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat, komedo, dan kulit yang terlihat berminyak.

4. Gigi sensitif

Anda mungkin juga akan merasa mual ketiak berhenti minum kopi. Sakit perut dan mual dapat menyebabkan Anda muntah, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi gigi.

Meskipun minum kopi sering kali dapat menodai gigi Anda dan menyebabkan gigi terlihat menguning, Berhenti minum kopi mendadak juga tidak baik untuk kesehatan mulut.

5. Pusing

Berhenti minum kopi mendadak juga akan membuat Anda merasa pusing di pagi hari. Karena, tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan ini dan mungkin merespons dengan rasa pusing.

Gejala-gejala ini biasanya berlangsung hingga 9 hari dan tubuh Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Scroll to Top