Benarkah Tak Boleh Keramas Saat Tengah Menstruasi? Ternyata Begini Kata Dokter

Benarkah Tak Boleh Keramas Saat Tengah Menstruasi? Ternyata Begini Kata Dokter

Suara.com – Masih banyak mitos seputar mensturasi atau haid yang beredar di masyarakat. Salah satunya ialah bahwa tidak boleh mencuci rambut atau keramas saat selama menstruasi.

Tapi bagaimana faktanya? Dikutip dari Healthshots, Dr Tanaya Narendra, yang terkenal dengan akun Instagram-nya Dr Cuterus, membagikan sebuah video.

“Jangan, jangan dengarkan sama sekali mitos ini. Anda dapat sangat sering mencuci rambut Anda pada periode, sebanyak yang Anda suka, dengan cara apa pun yang Anda suka.

Dia berkata, “Kesalahpahaman umum yang dikutip orang adalah bahwa jika Anda mencuci rambut pada menstruasi Anda, kepala Anda akan menyerap semua air dan itu akan mengirimkan energi dingin ke dalam rahim Anda dan kemudian rahim Anda akan tidak bisa melahirkan anak di masa depan.”

Baca Juga:
Pendarahan Menstruasi yang Banyak setelah Vaksin Covid-19 Dinilai Benar Adanya, Begini Kata Peneliti

Ada pantangan saat haid. Apa saja kira-kira? Ilustrasi Pembalut Menstruasi (Pixabay)
Ada pantangan saat haid. Apa saja kira-kira? Ilustrasi Pembalut Menstruasi (Pixabay)

Selain itu, beberapa perempuan berpikir bahwa mencuci rambut mereka selama periode mereka akan mengakibatkan rambut rontok. Namun, itu juga mitos.

Dan itu sama sekali tidak benar karena tidak ada bukti ilmiah untuk menahan diri dari mandi, mandi, atau mencuci rambut ketika Anda akan melalui siklus menstruasi Anda. Faktanya, mandi air hangat membantu meredakan kram dan membuat Anda merasa lebih baik.

Dr Narendra menjelaskan, “Kulit di kepala dan kulit di seluruh tubuh Anda sebenarnya tahan air. Jadi itu tidak akan menyerap air itu. Dan energi dingin itu tidak bisa ditransmisikan ke rahimmu seperti itu.” Jadi ya, Anda tidak perlu berkompromi dengan kebiasaan kebersihan pribadi Anda karena menstruasi!

Cara menstruasi dapat memengaruhi suasana hati dan kulit Anda, juga dapat berdampak buruk pada rambut Anda. Kadar hormon Anda banyak berubah selama siklus menstruasi.

Akibatnya, tubuh Anda dapat membuat lebih banyak testosteron, yang dapat meningkatkan pelepasan sebum dan menghasilkan rambut berminyak, berminyak, dan lengket. Selain itu, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa kulit kepala Anda teriritasi atau sensitif dan rambut Anda menipis atau rontok.

Baca Juga:
Menstruasi dan Faktanya

Tapi ini semua karena fluktuasi hormon, bukan karena Anda mencuci rambut selama menstruasi.

Scroll to Top