Ada Badai Besar di 28 Desember, Menhub: Kalau Nggak Penting Jangan Keluar

Ada Badai Besar di 28 Desember, Menhub: Kalau Nggak Penting Jangan Keluar

Ada Badai Besar di 28 Desember, Menhub: Kalau Nggak Penting Jangan Keluar

Suara.com – Kondisi cuaca pada akhir tahun ini memang tidak bersahabat. Hal ini menjadi kendala masyarakat untuk liburan akhir tahun. Terlebih, BMKG memprediksi akan ada badai besar pada 28 Desember 2022.

Hal ini juga menjadi konsen Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi yang merasa khawatir dengan kondisi cuaca pada bulan Desember ini.

Dia pun meminta masyarakat untuk menunda liburan saat kondisi cuaca hujan badai seperti ini. Menhub menyebut, terdapat potensi bencana yang timbul akibat cuaca buruk tersebut.

“Saya menghimbau kalau nggak penting banget jangan ke luar kota,” ujar Budi di Jakarta yang ditulis Rabu (28/12/2022).

Baca Juga:
Diam-diam Stasiun Tanah Abang Mau Pindah Lokasi, di Mana Ya?

Menhub menuturkan, salah satu insiden yang terjadi ketika cuaca tengah buruk yaitu keceburnya mobil di merak dan banyak wisatawan yang terjebak di Karimun Jawa.

“Dan juga Cipali dan Subang ada potensi banjir. Cuaca itu sangat menantang sehingga saya secara kelembagaan dan pribadi, kita harus melakukan antisipasi dengan baik apa yang menjadi catatan,” ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati meminta operator transportasi khususnya di sektor laut tidak memaksakan diri untuk beroperasi kala cuaca tengah buruk.

“Kami minta operator agar tidak memaksakan diri untuk operasi bila cuaca tidak memungkinkan. Khususnya di laut, karena laut ini harus lebih bahaya gelombang tinggi dan sebagainya,” imbuh dia.

Badai Hujan Besar di Akhir Tahun

Baca Juga:
Liburan Telah Tiba, Ini Daftar 10 Pantai di Dunia Paling Populer di TikTok, Ada Indonesia

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, hampir di seluruh daerah di Indonesia akan terjadi badai dengan curah hujan cukup tinggi.

BMKG mengimbau, masyarakat agar lebih waspada pada tanggal 27-28 Desember 2022 karena berdasarkan analisis cuaca terkini, kondisi dinamika atmosfer di sekitar Indonesia masih berpotensi signifikan terhadap peningkatan curah hujan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dwikorita Karnawati mengatakan, dalam sepekan ke depan beberapa wilayah akan terdampak dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan.

“Peningkatan curah hujan itu karena adanya fenomena Monsun Asia, Adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia, Bibit siklon tropis 95W tumbuh di Samudra Pasifik sebelah Utara Papua Barat dan Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO),” kata dia.

Scroll to Top