7 Raja Arab Saudi Beserta Jejak Warisan hingga Kontroversinya

7 Raja Arab Saudi Beserta Jejak Warisan hingga Kontroversinya

Jakarta, CNN Indonesia

Kerajaan Arab Saudi pertama kali dipimpin oleh Raja Abdul Aziz pada tahun 1932. Saat itu, Raja Abdul Aziz Al Saud membawa Saudi kembali ke pelukannya usai sempat direbut keturunan Al Rashid bersama kroninya dari tangan Abdulrahman, sang ayah.

Perjuangan Abdul Aziz mengambil alih Saudi pun cukup rumit. Ia mulanya merebut Riyadh dengan melakukan pawai malam bersama 40 pengikutnya. Ia lalu merebut semua Hijaz termasuk Mekah dan Madinah pada 1924 hingga 1925.

Pada 23 September 1932, ia pun menamai negara yang berhasil direbut itu sebagai Kerajaan Arab Saudi. Dia jadi raja pertama dan mewariskan takhta kepada saudara-saudaranya.

Berikut daftar raja-raja Saudi beserta pencapaian hingga kontroversinya.

1. Raja Abdul Aziz (1932-1953)

Raja Abdul Aziz merupakan raja pertama Kerajaan Arab Saudi yang memerintah pada 1932 hingga 1953. Dia adalah pemimpin legendaris yang pertama kali membawa Saudi menuju modernisasi.

Selama pemerintahannya, Raja Abdul Aziz membangun infrastruktur negara, mulai dari jalan, sistem komunikasi, teknologi, pendidikan, perawatan kesehatan, hingga pertanian.

2. Raja Saud bin Abdul Aziz (1953-1964)

Raja Saud bin Abdul Aziz naik takhta usai Raja Abdul Aziz wafat pada 1953. Ia merupakan putra sulung Abdul Aziz.

Raja Saud membentuk Dewan Menteri dan mendirikan Kementerian Kesehatan, Pendidikan, dan Perdagangan saat memerintah. Di bawah kepemimpinannya, pendidikan di Saudi dapat dikatakan cukup berkembang.

Banyak sekolah didirikan, termasuk institut pendidikan tinggi pertama, Universitas Raja Saud.

Raja Saud juga dikenal sebagai raja yang melakukan lawatan global. Pada 1957, dia jadi raja Saudi pertama yang mengunjungi Amerika Serikat.

3. Raja Faisal bin Abdul Aziz (1964-1975)

Raja Faisal bin Abdul Aziz merupakan inovator visioner yang sangat menghormati tradisi. Dia raja pertama yang memprakarsai rencana pembangunan ekonomi dan sosial yang mengubah infrastruktur Saudi terutama industri.

Raja Faisal juga orang pertama yang mendirikan sekolah umum untuk anak perempuan di Saudi.

Lanjut baca di halaman berikutnya…



7 Raja Arab Saudi Beserta Jejak Warisan hingga Kontroversinya


BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Scroll to Top