4 Poin Penentu Kelulusan Seleksi Sekolah Kedinasan 2021

Suara.com – Setiap peserta seleksi Sekolah Kedinasan 2021 yang telah dinyatakan lolos tahap administrasi akan segera mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). Di mana SKD Sekolah Kedinasan 2021 akan dilakukan berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sebelumnya, nilai ambang batas atau passing grade untuk SKD sekolah kedinasan telah dirilis secara resmi. Kemudian akan ada tiga materi yang diujikan, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

Sementara itu, BKN telah memberikan informasi seputar penentuan kelulusan seleksi Sekolah Kedinasan 2021. Penasaran apa saja? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Poin Penentu Kelulusan Seleksi Sekolah Kedinasan 2021

Baca Juga:
Polteknaker Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2021/2022, Gratis!

Disampaikan melalui akun resmi Instagram BKN yaitu @bkngoidofficial, terdapat setidaknya empat ketentuan penentu kelulusan seleksi Sekolah Kedinasan 2021. Termasuk juga apabila di antara peserta ada yang memiliki nilai sama. Keempat ketentuan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Nilai kumulatif SKD yang lebih tinggi. 
  2. Jika nilai SKD peserta sama, maka penentuan kelulusan akhir didasarkan secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK. 
  3. Jika nilai kumulatif, TKP, TIU, dan TWK masih sama, maka penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai rata-rata ijazah sekolah atau nilai rapor.
  4. Jika nilai masih sama juga, maka penentuan kelulusan akhir didasarkan pada usia tertinggi pendaftar.

Nilai Ambang Batas atau Passing Grade SKD Sekolah Kedinasan

Nilai ambang batas atau passing grade telah ditentukan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021. Berikut ini rinciannya:

  • Untuk TKP sebesar 156
  • Untuk TIU sebesar 80
  • Untuk TWK sebesar 65

Adapun soal yang diujikan kepada para peserta yaitu sebanyak 110 butir, dengan rincian 45 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

Perlu diketahui bahwa masing-masing materi tes mempunyai penilaian yang berbeda, sebagai berikut.

Baca Juga:
SKD Kedinasan 2021: Materi Tes, Jumlah Soal, Passing Grade, Cara Penilaian

  • Materi TKP memiliki pembobotan dengan jawaban benar bernilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 5 (lima).
  • Materi TIU memiliki pembobotan dengan jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).
  • Materi TWK memiliki pembobotan dengan jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).

Sehingga, nilai kumulatif tertinggi yang dapat diraih oleh peserta seleksi SKD sekolah kedinasan adalah sebesar 550. Dengan nilai tertinggi TKP sebesar 225, TIU sebesar 175, serta TWK sebesar 150.

Scroll to Top