3 Ide Usaha dari Limbah Kayu, Bisa Dilakukan Pemula dan Menjanjikan

3 Ide Usaha dari Limbah Kayu, Bisa Dilakukan Pemula dan Menjanjikan

3 Ide Usaha dari Limbah Kayu, Bisa Dilakukan Pemula dan Menjanjikan

Suara.com – Saat membangun rumah, limbah kayu seringnya menjadi barang tidak berguna dan dibuang begitu saja. Padahal, dengan sedikit kreativitas, ide usaha dari limbah kayu bisa dibuat untuk mendulang pundi-pundi rupiah. Tiga ide usaha dari limbah kayu ini bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Hiasan Kayu Tiga Dimensi

Ide pertama adalah kerajinan dari limbah kayu. Kerajinan ini antara lain berbentuk tiga dimensi dengan memanfaatkan kayu-kayu bekas. Kayu-kayu diukir dan dipotong menjadi pola-pola tertentu yang bisa digunakan untuk hiasan. Di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, ide usaha dari limbah kayu ini diwujudkan dalam bentuk pajangan mobil, sepeda, bahkan hiasan dengan detail seperti candi.

Selain barang tiga dimensi, limbah kayu juga bisa dikreasikan menjadi hiasan dinding. Hiasan-hiasan itu meliputi figura, atau bahan lukisan dinding. Kreasi-kreasi dari kayu bekas ini di pasaran dibanderol dengan harga Rp100.000.

Baca Juga:
Nggak Butuh Banyak Modal, Ini 5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

2. Jam Kayu

Ide usaha dari limbah kayu lainnya adalah membuat jam. Jam berbahan dasar limbah kayu ini terdiri dari berbagai jenis, baik jam tangan, jam dinding, maupun jam meja. Kisah inspiratif memanfaatkan limbah kayu menjadi jam datang dari Banyuwangi, Jawa Timur. Jam tangan kayu buatan pria bernama Andi Akbar ini bahkan dijual di kisaran harga Rp450.000. Andi menyulap kayu-kayu bekas itu menjadi produk fashion, padahal sebelumnya di lingkungan tempat tinggal Andi, kayu bekas hanya dimanfaatkan menjadi kayu bakar.

Untuk menghasilkan jam tangan berkualitas, tak sembarang kayu bisa digunakan. Kayu yang baik untuk produk ini adalah jenis jati dan sonokeling. Selain kuat, dua jenis kayu ini memiliki corak yang menarik apabila sudah dihaluskan.

3. Meja dan Kursi Kayu

Jika umumnya meja dan kursi dibuat dari kayu baru, bukan tidak mungkin produk yang sama dihasilkan dari kayu bekas. Secara kualitas dan model pun bahkan tak kalah. Meja kursi ini biasanya dibuat dari potongan-potongan kayu bekas yang disatukan. Corak yang tidak beraturan yang timbul dari kayu bekas ini justru tampak artistik.

Baca Juga:
Kelewat Kreatif, Penampakan Soto Goreng Buatan Pria Ini Bikin Publik Ngelus Dada

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Scroll to Top