2 Hal Wajib Dibenahi Timnas Indonesia Jelang Semifinal Piala AFF

2 Hal Wajib Dibenahi Timnas Indonesia Jelang Semifinal Piala AFF

Jakarta, CNN Indonesia

Mantan penyerang Timnas Indonesia Budi Sudarsono menilai ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan tingkatkan tim Merah Putih dalam laga semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan menjalani laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (6/1). Lawan yang akan dihadapi adalah Vietnam.

The Golden Dragons memuncaki klasemen sementara Grup B dengan nilai 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan satu kali imbang.

Jelang duel lawan Vietnam, Budi menilai mentalitas harus ditingkatkan. Ini sangat vital sebab sistem gugur cukup dipengaruhi mentalitas bertanding.

“Menurut saya mental. Mental itu lebih penting, kalau skill saya rasa sama. Mental mereka harus petarung, harus pemenang. Mentalitas mereka itu harus kuat, harus petarung,” kata Budi kepada CNNIndonesia.com.

Dalam pandangan Budi ada beberapa hal yang mempengaruhi mentalitas. Selain fisik prima, penampilan awal yang baik jadi kunci. Kesalahan demi kesalahan akan membuat mental pemain terpuruk.

“Terutama jangan mudah salah, baik dengan bola atau tanpa bola. Mudah salah itu dalam artian kita dribbling bola ngelewatin orang, [lalu] salah. Ketika itu terjadi mentalitas akan semakin terpuruk,” ucap Budi.

“Terus passing dipotong lawan, itu mempengaruhi. Jadi jangan mudah hilang bola, jangan mudah salah. Kalau itu sudah bisa dilakukan otomatis mental dan kepercayaan diri akan tumbuh,” ujar lelaki berjulukan Piton ini.

Hal ini yang menurut Budi membuat pemain tampil buruk dalam laga kandang. Performa pemain dianggap tak maksimal saat melawan Kamboja (23/12) dan Thailand (29/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

“Seharusnya kehadiran suporter membuat dan menambah motivasi bertanding. Lebih banyak suporter lebih bagus. Kalau banyak suporter malah down itu ada yang salah,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)







Scroll to Top