15 Jenis Tanaman Bonsai untuk Hiasan di Rumah

15 Jenis Tanaman Bonsai untuk Hiasan di Rumah

Jakarta, CNN Indonesia —

Sansevieria, aglaonema, maupun kaktus kerap dipilih sebagai tanaman hias di rumah. Namun, Anda juga bisa melirik tanaman bonsai untuk membawa nuansa alam ke dalam hunian.

Bonsai telah dijadikan sebagai tanaman hias sejak ratusan tahun lalu. Nilai seni yang tinggi pada tanaman ini menjadikan bonsai punya keunikan sendiri.

Meski tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan bonsai, namun ada jenis tanaman bonsai untuk di rumah yang bisa dipilih sebagai koleksi. Berikut daftarnya.

1. Bonsai Kelapa

Pohon kelapa yang tumbuh tinggi menjulang bisa dibuat bonsai. Jenis pohon kelapa yang digunakan untuk bonsai yakni kelapa gading merah, gading susu, dan kelapa albino.

Meski membuat tanaman kelapa menjadi bonsai tidaklah mudah, namun jika berhasil melakukannya akan menghasilkan nilai seni yang tinggi.

Di samping itu, harga jual bonsai kelapa pun cukup tinggi berkisar jutaan rupiah. Semakin tua umurnya, bonsai kelapa akan semakin unik dan mahal.

2. Bonsai Bougenville

Daya tarik tanaman bougenville ada pada bunga dan daunnya. Warna tanaman bunga kertas ini beragam, mulai dari putih, pink, kuning, ungu, hingga magenta.

Masyarakat Indonesia banyak menanam bougenville jenis glabra berwarna pink keunguan. Ciri bunga pada bougenville ini tipis namun lebar.

Lantaran punya beragam pilihan warna yang cantik, bonsai bougenville banyak diminati untuk hiasan dalam rumah maupun perkantoran.

3. Bonsai Beringin




Bonsai tree in ceramic pot.Bonsai beringin adalah salah satu jenis tanaman bonsai untuk di rumah (Ilustrasi Foto: iStockphoto/OGphoto)

Beringin merupakan tanaman yang identik dengan ukuran besar dan rimbun. Karena ukurannya yang besar, beringin jarang ditanam di pekarangan rumah.

Dengan teknik membonsai, Anda dapat meletakkan beringin kerdil di dalam rumah. Bentuk pohon yang kokoh dengan daun rimbun membuat bonsai beringin jadi daya tarik sendiri bagi kolektor bonsai.

4. Bonsai Cemara

Pohon berdaun semak ini dapat tumbuh di alam liar hingga puluhan meter. Dengan teknik bonsai, Anda bisa membawa nuansa alami dari pohon cemara ke rumah.

Jenis tanaman cemara yang kerap dipilih untuk bonsai adalah cemara sinesis dengan liukan batang yang nyentrik. Jenis cemara ini tak sekadar untuk koleksi, tapi juga dipamerkan dalam kontes.

5. Bonsai Kesemek

Tanaman yang berasal dari Asia Timur dan Amerika Utara ini cukup familiar digunakan dalam budidaya bonsai.

Merujuk Sfgate, jenis kesemek yang paling sering dibonsai yaitu kesemek Amerika (Diospyros virginiana) dan kesemek Texas (Diospyros texana).

Salah satu tantangan membonsai pohon kesemek adalah cabangnya yang kadang tumbuh jarang-jarang. Jadi, sebelum memangkas cabang, pastikan cabang itu memang tidak dibutuhkan.

Pertumbuhan pohon kesemek tergolong tumbuh lambat yang kemungkinan hanya perlu dipindah pot (repotting) satu atau dua tahun sekali.

6. Bonsai Anggur

Pohon anggur merupakan tumbuhan merambat yang cukup sulit untuk dibonsai. Akan tetapi, menampilkan karakter bonsai pohon anggur bersamaan dengan buahnya, menjadi tantangan tersendiri bagi penyuka bonsai.

Pohon anggur secara alami menyukai iklim panas dan sinar matahari yang tinggi. Sifat tersebut yang menjadikan pohon anggur cocok dengan karakter bonsai.

7. Bonsai Sakura

Bonsai sakura merupakan salah satu jenis tanaman bonsai untuk di rumah yang banyak digemari masyarakat. Tanaman asal Jepang ini bisa dihadirkan di rumah dengan teknik bonsai.

Keindahan bonsai sakura terletak pada warna lembut bunganya. Ketika bunganya mekar bersamaan, akan membuat tanaman bonsai sakura semakin cantik.

Jenis tanaman bonsai untuk di rumah lanjut halaman dua…

Jenis Tanaman Bonsai untuk Hiasan di Rumah


BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Scroll to Top